Mengenal lebih dekat Kemoterapi

No comment 27577 views

Mengenal lebih dekat Kemoterapi – Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia. Kemoterapi ialah salah satu metode pengobatannya. Kemoterapi mampunyai banyak manfaat dalam menghadapi penyakit kanker yang berbahaya. Dalam prakteknya kemoterapi biasanya dilakukan selama rawat inap atau bagian dari rawat jalan, dan harus diawasi secara ketat oleh dokter dan perawat demi menghindari kemungkinan buruk efek samping atau adanya keputusan tambahan yang diperlukannya perubahan dengan obat-obatan.

kemoterapi

Manfaat Kemoterapi

Kemoterapi adalah salah satu jenis metode pengobatan yang dilakukan untuk memerangi sel sel kanker yang berbahaya. Dengan cara kerja menghentikan dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker yang berkembang secara cepat. Semua tergantung kepada stadium berapa penyakit kanker itu. Kemoterapi bermanfaat untuk

  • Meringankan gejala penyakit.
  • Mengendalikan, mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, dan menghancurkan sel-sel kanker yang berbahaya.
  • Menyembuhkan penyakit kanker dan mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

Namun kemoterapi juga dapat mempengaruhi kinerja sel sehat yang secara normal berkembang secara cepat, misalkan pada daerah sekitar mulut, usus, dan rambut. Kerusakan pada bagian ini yang mengakibatkan efek samping dari kemoterapi itu sendiri, namun pada umumnya efek samping itu akan hilang setelah pengobatan selesai.

Cara Pengobatan kemoterapi

Cara pengobatan kemoterapi tergantung dengan jenis kanker yang pasien derita, diantaranya:

  • Oral. Kemoterapi yang dimasukan melalui mulut dalam bentuk kapsul, pil, atau bisa juga cairan yang diminum.
  • Topikal. Kemoterapi dalam bentuk krim dengan cara dioleskan pada kulit.
  • Suntik. Kemoterapi yang diberikan dengan cara suntik pada otot atau lapisan lemak.
  • Intra-arteri (IA). Kemoterapi dengan cara dimasukan ke dalam arteri yang menyalurkan darah ke kanker.
  • Intraveneous (IV). Kemoterapi yang dilakukan dengan memasukan ke pembuluh darah vena.
  • Intraperitoneal (IP). Kemoterapi dengan cara diberikan ke dalam rongga perut yang terdapat usus, lambung, dan hati di dalamnya.

Efek samping Kemoterapi

Walaupun terlah terbukti secara efektif bahwa kemoterapi telah menyelawatkan banyak nyawa di dunia ini, tetapi kemoterapi itu sendiri memiliki efek samping yang membuat pasien menjadi takut untuk menjalaninya. Seperti sudah dibahas sedikit diatas, efek samping kemoterapi terjadi karena obat-obatan tersebut tidak memiliki kemampuan untuk membedakan sel kanker yang berkembang secara cepat dengan sel sehat yang secara normal memiliki perkembangan cepat juga. Efek samping kemoterapi yang bisa terjadi adalah:

author
No Response

Leave a reply "Mengenal lebih dekat Kemoterapi"