Cara OlahRaga Aman Untuk Penderita Diabetes

Olahraga Diabetes

Selain memperhatikan pola makanan sehari-hari, penderita diabetes juga harus berolahraga. Berolahraga secara teratur mempunyai banyak manfaat bagi penderita diabetes, sebab dengan berolahraga kadar gula dapat dikendalikan serta menurunkan berat badan dan tekanan darah. Berolahraga secara rutin juga dapat mengurangi resiko seringnya terkena serangan jantung atau stroke dibandingkan dengan yang kurang berolahraga. Berikut ini beberapa manfaat olahraga untuk penderita diabetes  yaitu :

  • Sewaktu melakukan olahraga, gerakan-gerakan tersebut dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sel-sel diotot kita bekerja lebih keras sehingga membutuhkan gula dan oksigen untuk dibakar menjadi tenaga dibandingkan saat istirahat.
  • Jadwal olahraga yang teratur dapat membantu tubuh merespon insulin dan efektif dalam mengelola glukosa darah dan mengurangi kebutuhan obat.
  • Kalori dalam tubuh akan terbakar, hal ini akan membantu Kamu  untuk mengurangi atau menajaga berat badan Kamu  pada proporsi yang ideal.
  • Mengurangi perasaan stress yang bisa meningkatkan kadar gula darah
  • Untuk bisa Mengurangi resiko penderita diabetes terhadap komplikasi dan kondisi medis lainnya, seperti penyakit jantung dna stroke.
  • Dalam beberapa kasus tertentu, olahraga yang dipadukan dengna pola makan ayang tepat dan terencana dapat mengendalikan diabetes tipe 2 tanpa mengkonsumsi obat-obatan.

Pada umumnya olahraga yang dianjurkan untuk penderita diabetes ialah olahraga yang sifatnya low exercise, seperti naik sepeda, berenang dan senam. Berenang merupakan salah satu pilihan olahraga low exercise yang baik bagi penderita diabetes. Ketika melakukan gerakan mengayuh dan menendang di dalam air, sirkulasi darah meningkat tanpa hrus menompang berat badan. Sedangkan untuk bersepeda, tips nya ialah hindari track jalan yang tidak ratauntuk mencegah jatuh atau cidera, serta mintalah dampingan orang lain. Penderita diabetes cenderung bisa mengalami perubahan darah gula secara mendadak yang bisa mengakibatkan pingsan. Supaya tetap aman dan nyaman dalam melakukan olahraga, berikut ini tips yang ada baiknya untuk Kamu  simak :

·         Konsultasi dengan Dokter. Sebelum memilih dan menjalankan olahraga yang tepat bagi kamu , disarankan untuk bertemu dengan Dokter. Dokter akan memberikan rekomendasi jenis olahraga yang sesuai dengna kondisi Kamu .

·         Bila  tidak ada larangan khusus, mulailah dengan olahrega ringan.

·         Awalilah dengan waki 10-20 menit setiap kali latihan.

·         Pastikan alas kaki yang kamu  gunakan nyaman dan aman untuk menghindari masalah yang mungkin timbul di kaki.

·         Bila  Kamu  punya masalah di kaki, kamu bisa memilih olahraga yang tidak bertumpu atau membebani kaki, seperti berengang.

·         Hindari mengangkat beban berat. Hal ini dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat secara secara tiba-tiba.

·         Selalu mengawali olahrega dengan pemasanasan dan pendinginanselama 5-10 menit untuk mengurangi resiko cidera otot.

·         Tidak menambah porsi latihan secara mendadak.

·         Supaya lebih aman, ajaklah rekan Kamu  melakukan olahrega bersama. Hal ini juga akan meminimalisasi resiko bila terkena Hipoglikemi sewaktu olahraga. Hipoglikemi ialah resiko yang dapat terjadi saat berolahraga. Hal ini disebabkan oleh kenaikan penyerapan glukosa oleh otot yang dapat menurunkan gula darah ke tingkat yang sangat rendah (Hipoglikemi). Gejalanya yaitu : badan menjadi gemetar, Jantung berdebar cepat, keringat bertambah drastis rasa lapar, pusing, lesu, bingung dan mood berubah secara cepat.

·         Bila  Kamu  terkena gejala Hipoglikemi. Yang harus Kamu  lakukan ialah :

o   Tes gula darah Kamu  ;

o   Makan dan minum yang manis seperti jus atau manisan buah ;

o   Istirahat selama 10-15 menit dan jangan meneruskan olahraga Kamu  bila  tes hasil gula darah Kamu  dibawah 100 mg/dl.

o   Setelah selesai berolahraga, makanlah makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, ubi atau jagung ;

o   Olahraga dapat menghilangkan stress. Lakukanlah olahraga dengan gembira. Kamu bisa mengajak rekan-rekan Kamu  untuk bergabung dan berolahraga bersama.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *