5 Bahaya Makan Makanan Pedas Terlalu Sering Untuk Kesehatan

5 Bahaya Makan Makanan Pedas Terlalu Sering Untuk Kesehatan – Sajian Makanan Pedas memang mengundang selera makan jadi lebih tinggi. Indonesia sevagai negara yang kaya akan keragaman kulinernya, berbagai macam kuliner Indonesia identik dengan makanan yang berbumbu tajam dan pedas seperi rendang, tongseng, hingga sambal yang menjadi ciri khas masakan Indonesia. Makanan pedas tersebut pun banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat. Makanan pedas sebetulnya memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh yaitu sebagai penambah nafsu makan, sebagai sumber vitamin C, dan sebagai pengendali mikroba. Namun dibalik beberapa manfaat yang terdapat dalam makanan pedas tersebut, ternyata ada juga beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh makanan pedas jika terlalu sering dikonsumsi. Berikut ini 5 Bahaya Makan Makanan Pedas Terlalu Sering Untuk Kesehatan :

1. Memicu Asam Lambung

Mengkonsumsi makanan pedas terlalu sering dapat memicu asam lambung yang nantinya akan berpotensi menyebabkan luka lambung. Luka pada lambung biasanya terjadi dikarenakan adanya bakteri yang menyerang lambung. Namun kini banyak sekali ditemukan  luka lambung yang disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas. Makanan pedas ternyata dapat menurunkan kemampuan lapisan pelindung lambung. Lapisan ini memiliki fungsi sebagai pelindung lambung dari asam lambung. Jika lapisan pelindung lambung tidak bekerja dengan baik maka asam lambung tersebut akan menyebabkan luka pada lambung. Pada situasi yang lebih parah, luka pada lambung tersebut pun akan menyebabkan pendaharahan pada lambung. Asam lambung yang kronis juga bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi penyakit seperti kangker esofagus, pneumonia, dan kerusakan pada gigi. Untuk menghindari hal tersebut maka Anda perlu mengontrol pola makan pedas Anda.

2. Tidak Baik Bagi Kesehatan Kulit

Cabai yang terkandung pada makanan pedas yang digoreng akan menyebabkan kulit Anda menjadi berminyak karena terdapat banyak timbunan lemak yang tertahan di lapisan kulit. Kulit berminyak tersebut akan sangat terlihat pada bagian wajah, sehingga dapat menimbulkan jerawat yang amat mengganggu.

3. Menyebabkan Penyakit Sulit Tidur

Memakan makanan pedas sesaat sebelum tidur dapat menyebabkan suhu tubuh menjadi meningkat dan berdampak terhadap kualitas tidur seseorang. Orang yang terlalu sering memakan makanan pedas di waktu malam hari akan merasa kesulitan untuk memejamkan mata karena kondisi suhu tubuh yang tinggi tersebut. Dengan keadaan suhu tubuh yang tinggi tersebut membuat proses metabolisme tubuh menjadi terganggu sehingga tidak bisa bekerja sebagai mana mestinya. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda tidak mengkonsumsi makanan pedas di waktu malam hari.

4. Memicu Sakit Perut dan Diare

Makanan pedas mengandung banyak zat capcaisin yang terdapat pada cabai. Ketika Anda terlalu sering mengkonsumsi zat capcaisin ini maka akan menyebabkan luka pada pencernaan sehingga membuat usus mengalami peningkatan pergerakan. Gerakan usus tersebut membuat Anda merasa mulas dan akan menimbulkan masalah pencernaan lainnya.

5. Penurunan Fungsi Kepekaan Lidah

Orang yang terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas akan mengalami penurunan fungsi kepekaan lidah. Orang yang sudah terbiasa memakan makanan pedas akan terus menerus menginginkan rasa pedas yang semakin meningkat.

Demikianlah tadi diantaranya beberapa Bahaya Makan Makanan Pedas Terlalu Sering Untuk Kesehatan yang perlu anda perhatikan. Solusi bagi Anda para penyuka pedas agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut adalah dengan mengkonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang proporsional. Jika Anda merasakan sesuatu yang tidak nyaman saat memakan makanan pedas, seperti rasa panas pada tenggorokan dan perut, maka sebaiknya Anda berhenti memakan makanan pedas tersebut. Janganlah terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas untuk kesehatan tubuh Anda.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *